Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Mempersiapkan Cincin Pernikahan



Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Pertama tama saya ucapkan terima kasih untuk selalu setia meluangkan waktunya untuk membaca blog saya, ada yang terlewat dari tahapan tahapan dimana saya mempersiapkan pernikahan.

Setelah mempersiapkan mahar, hal kedua yang paling penting yang kami persiapkan adalah cincin pernikahan.

To the point, saya pernah mendengar hadis nabi Muhammad SAW yang menyebutkan :

Ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dari yang menyatakan celaan bagi pemakai cincin besi.

أَنَّ رَجُلاً جَاءَ إِلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ خَاتَمٌ شِبْهُ – نُحَاسٍ أَصْفَرَ – فَقَال لَهُ : إِنِّي أَجِدُ مِنْكَ رِيحَ الأْصْنَامِ فَطَرَحَهُ . ثُمَّ جَاءَ وَعَلَيْهِ خَاتَمُ حَدِيدٍ فَقَال : مَا لِي أَرَى عَلَيْكَ حِلْيَةَ أَهْل النَّارِ فَطَرَحَهُ . فَقَال : يَا رَسُول اللَّهِ : مِنْ أَيِّ شَيْءٍ أَتَّخِذُهُ ؟ قَال : اتَّخِذْهُ مِنْ وَرِقٍ

“Seorang sahabat datang kepada Nabi s.a.w. dan ia memakai cincin yang terbuat dari material sejenis kuningan. Kemudian Nabi s.a.w. mengatakan: ‘aku mencium bau berhala’. Kemudian ia membuangnya. Lalu ia datang lagi dan ia memakai cincin yang terbuat dari besi, Nabi s.a.w. mengatakan: ‘mengapa aku melihat perhiasan ahli neraka di tanganmu’, akhirnya ia pun membuangnya lagi lalu bertanya kepada Nabi s.a.w., ‘lalu dari apa yang boleh aku pakai?’, Nabi s.a.w.menjawab: ‘dari perak’ …” (HR Abu Daud)

Kemudian ditambah dengan hadits Nabi s.a.w. yang diriwayatkan oleh sahabat Sahl bin Sa’d al-Sa’idy, dan ini Muttafaq ‘alayh (diriwayatkan al-Bukhari dan Muslim), tentang cerita wanita yang datang minta dinikahkan oleh Nabi s.a.w. namun Nabi tidak mau, yang akhirnya ada lelaki dari kalangan sahabat yang menginginkan wanita tersebut lalu meminta izin kepada Nabi s.a.w. untuk dinikahkan. Tapi lelaki tersebut tidak punya apa-apa untuk dijadikan mahar, lalu Nabi memerintakan untuk mencari apapun untuk dijadikan sebagai mahar, walaupun hanya sebuah cincin besi.

انْظُرْ وَلَوْ خَاتَمًا مِنْ حَدِيدٍ

“cari, walaupun itu hanya sebuah cincin besi!” (Muttafaq ‘Alayh)

Kalau seandainya cincin besi itu diharamkan, pastilah Nabi s.a.w. tidak akan meminta lelaki tersebut untuk menjadikannya sebagai mahar. Kemudian –an-nawawi menambahkan-, kebolehan cincin besi juga dikuatkan dengan adanya riwayat yang menyebutkan bahwa Nabi s.a.w. punya dan memakai cincin yang terbuat dari besi, walaupun memang cincin besi itu dipolesi atasnya dengan perak.

dari situlah karena kami ingin menikah dengan permulaan yang baik agar dapat diterima oleh Allah SWT. maka kami memulainya dengan mempersiapkan hal hal yang baik pula dan sesederhana mungkin.

Maka pilihan saya kepada Istri saya adalah cincin paladium, akan tetapi karena harganya yang lumayan mahal dan lebih baik saya mengalokasikan dana tersebut untuk mempersiapkan hal hal yang lain yang lebih penting untuk menikah dan menjalani kehidupan setelah menikah, maka saya putuskan untuk memilih menggunakan Cincin Perak.

Kami mencarinya di Instagram : @soviajewelry

SOVIA JEWELRY JAKARTAKomplek Ciledug Indah 2, Jalan Ciledug Indah Raya 2, Tangerang. (100 m sebelah kanan dari gapura Ciledug Indah 2 atau samping fotocopy talago) atau search di google maps *Sovia Jewelry Jakarta*
Buka setiap hari jam 09.00 - 17.00 WIB


Pelayanan disana cukup baik, ramah dan jelas. harga yang di tawarkanpun cukup murah sehingga gak menguras kantong juga.

Disana nanti jari kita di ukur menggunakan ukuran cincin mereka, dan kalau gak salah garansi 1 kali selama 3 bulan untuk resize cincin kita kalau ternyata kita salah ukuran atau mungkin makin tambah gendutan.

Kalau gak salah cincin saya 7 gram perak, sedangkan nanda 4 gram perak jadi total 11 gram perak dan cost yang di keluarkan untuk pembuatan cincin perak tersebut Rp. 550.000,- sudah termasuk Box yang di ukir nama kita dan lebih lucunya lagi sudah termasuk ukiran nama kita di balik cincin tersebut.



Setelah melakukan pembayaran, maka cincin dan box akan di proses oleh mereka kurang lebih 1 minggu sepertinya. dan nanti mereka contact jika cincin dan boxnya sudah jadi.

Alhamdulillah semua bisa berjalan dengan baik tanpa satu kesulitan apapun.


Comments

Popular Posts