Menikah di KUA (Kantor Urusan Agama)



Asaalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Langsung saja ya

Waktu saya sampai di bagian ini rasanya untuk saya semua terasa cukup mudah, hanya tinggal mengikuti alur saja.

Kelengkapan yang kami berdua dapat dari kelurahan kemarin kami bawa ke kantor urusan agama (KUA). Disana kami disambut oleh resepsionis yang mencatat semua dokumen yang di perlukan, dan mereka menanyakan 2 hal :
1. Pernikahan diselenggarakan dimana?
2. Tanggal dan jam berapa?

Setelah itu mereka melihat dari log book mereka apakah schedulenya tersedia atau tidak, jika tersedia maka mereka akan confirm dan langsung menentukan tanggal tersebut untuk pernikahan.

Btw untuk menikah di KUA free lho, tidak di pungut biaya apapun karena saya memilih menikah di KUA, tapi saya gak tau diri lah untuk memberikan hadiah atau tanda terima kasih dan syukur kepada pak penghulu yang waktu itu kurang lebih 90 menit memimpin acara sakral tersebut.

Bener bener free ya terkecuali menikah di luar kantor urusan agama akan di kenalan biaya Rp. 600.000,-

Setelah itu mereka akan menschedulekan untuk mengikuti bimbingan pernikahan yang menjelaskan mengenai arti pernikahan itu sendiri. Hak hak dan kewajiban yang harus di pahami dan diketahui oleh istri. Lebih ketawa konseling dan tanya jawab seputar pernikahan, disini kalian akan di schedulekan karena biasanya bimbingan tersebut diadakan masal. 

Yang penting jangan lupa dateng tepat waktu menggunakan pakaian yang sopan bersama dengan pasangan, jangan sendirian ya karena kasihan nanti kalau pasangan kita sendirian hadir di acara tersebut sedangkan yang lain berpasangan. Pastinya bikin berantem dan baper sih. Dan menurut saya hal ini penting sih untuk mematangkan diri.


Gak perlu bawa makan dan minum karena pada saat bimbingan konseling tersebut kalian akan absen terlebih dahulu dan diberikan cemilan 😊 kayak di bioskop ya..

Setelah itu di hari yang sama pada saat kita mendaftarkan diri untuk menikah, kita akan dipertemukan dengan pak penghulu yang nanti akan menikahkan kita.

Dan dia akan menginfokan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk hari H nanti.

Bismillah ya guys

Comments

Popular Posts